Saturday, December 15, 2012

Pilih yang mana?


Rasional itu apa siy? kalau dilihat dari kamus inggris indonesia yang kebetulan ada di meja siy... rational/ ks, rasionil, masuk akal.jadi kalau boleh disusun menurut otak yang sederhana ini...

berfikir rasional adalah berfikir hal-hal yang masuk akal... iya kan?

nah sekarang kalau kita masuk ke suatu kasus... (diambil dari penelitian kahneman & tversky)

case 1:

"Imagine that a rare disease is breaking out in some community and is expected to kill 600 people. two adopted programs are available to deal with the threat. If program A is adopted, 200 people will be saved; iff Program B is adopted, there is a 33% probability that everyone will be saved and a 67% probability that no one will be saved."

kira-kira program apa yang akan anda pilih?

ngutip lagi dari penelitian Kahneman & Tversky ini... bila mayoritas orang adalah penghindar resiko, maka pilihan yang rasional adalah program A, dimana kita bisa pasti menyelamatkan 200 orang dibandingkan pertaruhan yang didapat dengan program B. hasil penelitian responden para ilmuwan ini sendiri menyebutkan bahwa 72% memilih program A.

nah sekarang bagaimana kalau casenya seperti ini

case 2 ;

"Imagine that a rare disease is breaking out in some community and is expected to kill 600 people. two adopted programs are available to deal with the threat. If Program C is adopted, 400 of the 600 people will die, while program D entails a 33% probability that nobody will die and 67% probability that 600 people will die"

kembali, anda pilih yang mana? dua kasus yang serupa, akan tetapi perhatikan bahwa kata kunci di program C adalah adanya kepastian 400 orang yang akan mati, dan kemungkinan 33% semua akan keluar selamat. hasil penelitian Kahneman & Tversky mengatakan bahwa 78% dari objek penelitian mereka mengambil resiko dengan memilih program D dikarenakan mereka menghindari kepastian dari kehilangan 400 nyawa.

jadi, bisa gak kita bilang... rasional itu adalah ketika kita mengambil keputusan yang terbaik bagi kita dan meminimalisir kerugian yang dapat diterima?

sekarang, kalau misalnya ditawarkan produk tabungan perbankan... satu produk menawarkan return pasti 8,5% per tahun, sementara yang satu menawarkan return yang belum pasti antara 8% - 9% per tahun. anda mau pilih yang mana? kalau masih berpandangan "rasional" pasti 8.5% per tahun kan yang kita ambil?

pertanyaan terakhir di post ini, kalau ditawarkan produk tabungan perbankan, satu produk dengan return pasti 8% tapi HARAM, dan satu produk dengan return floating berkisar 6%-7% tapi HALAL. sebagai orang-orang yang "rasional" kira-kira, anda pilih yang mana?


*blog post ini merupakan efek kuliah tadi malam, semoga ada manfaatnya walaupun mungkin hanya sekedar bacaan singkat :)

Reactions:

0 comments:

Post a Comment